Talk Show Sambut Lebaran Luberan dan Liburan di Magelang, Kapolresta Magelang: Masyarakat Tidak Berlebihan Dalam Menyambut Lebaran

    Talk Show Sambut Lebaran Luberan dan Liburan di Magelang, Kapolresta Magelang: Masyarakat Tidak Berlebihan Dalam Menyambut Lebaran
    (Foto Dokumen): Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H menjadi narasumber pada Talk Show yang Diselenggarakan Harian Jogja dan Diskominfo Kabupaten Magelang, Bertempat di Pendopo Merapi, Rumah Dinas Bupati Magelang, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (03/04/2024).

    MAGELANG - Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H menjadi narasumber pada Talk Show yang diselenggarakan Harian Jogja dan Diskominfo Kabupaten Magelang dengan tema “Siap Sambut Lebaran, Luberan & Liburan di Magelang” yang dilaksanakan di Pendopo Merapi, Rumah Dinas Bupati Magelang, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (03/04/2024).

    Tidak hanya Kapolresta Magelang, narasumber dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan PJ Bupati Magelang Sepyo Achanto, S.H., M.H, Kasi Pendidikan Madrasyah Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Drs. H Hedi Riyanto, M.Pd.I dan juga Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Kabupaten Magelang M Ihsan Suradilaga, yang membahas persiapan Kabupaten Magelang dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H dan pemudik yang masuk di wilayah Kabupaten Magelang.

    Diprediksikan sebanyak 193 juta jiwa pemudik memasuki wilayah Jawa Tengah, dan Kabupaten Magelang merupakan daerah yang dipandang menjadi tujuan pemudik terbesar di pulau Jawa dan akan menjadi salah satu perlintasan arus mudik maupun arus balik. Akan ada mobilitas cukup tinggi di Kabupaten Magelang karena di Kabupaten Magelang memiliki salah satu destinasi wisata super prioritas yaitu Candi Borobudur, yang diprediksikan banyak wisatawan yang datang untuk berwisata di Kabupaten Magelang.

    “Magelang merupakan daerah simpul, jalur perlintasan dari Semarang - Jogja, Semarang - Purworejo, dan juga kami mengantisipasi jalur alternatif Kopeng dan Sawangan, ” kata Kapolresta Magelang.

    Kombes Pol Mustofa menjelaskan Polresta Magelang tengah mempersiapkan beberapa Pos Pengamanan (Pospam) yang berada di beberapa titi, yaitu Secang, Mertoyudan, Salaman, Borobudur, Muntilan, dan Salam.

    “Di Borobudur kami menyiapkan Pos Pengamanan Pariwisata dan juga di Ketep Pass serta Tol Kayangan, Sawangan. Pengalaman tahun 2023, kepadatan kunjungan wisatawan dimulai pada H+1 sampai H+5, ” tambah Kapolresta Magelang.

    Lanjutnya, menurut data pada tahun 2023, pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur mencapai 12.000 sampai 14.000 dan pengunjung Ketep Pass mencapai 3.000 sampai 4.000 pengunjung.

    "Polresta Magelang mengerahkan 510 anggota dalam pengamanan lebaran tahun ini dalam Operasi Ketupat Candi 2024 Polresta Magelang, dengan rincian 455 personel dari Polresta Magelang. Kemudian Brimob, ditambah rekan-rekan dari Kodim 0705/Magelang, ditambah lagi teman-teman dari Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang dan Satpol PP Kabupaten Magelang. Semua dimaksimalkan untuk pengamanan arus mudik, arus balik, dan kunjungan di obyek wisata Kabupaten Magelang, " terang Kapolresta.

    “Pos Pengamanan semua sudah berdiri, besok pagi kami akan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024. Setelah apel seluruh personal langsung bergeser menempati pos pengamanan yang sudah ditentukan, ” tambah Kapolresta Magelang.

    Tidak hanya mempersiapkan pengaman antisipasi arus mudik, Polresta Magelang juga mengantisipasi peredaran obat mercon/petasan dan pelepasan balon udara, yang sering dilakukan masyarakat menjelang Lebaran. Serta antisipasi aksi kenakalan remaja seperti perang sarung, balap liar, dan tawuran remaja.

    Kapolresta Magelang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menyambut lebaran.

    “Mari kita sambut Idul Fitri dengan kegiatan-kegiatan yang positif dengan kegiatan keagamaan, ” ajak Kapolresta Magelang. (Hms)

    magelang jateng talk show
    Agung widodo

    Agung widodo

    Artikel Sebelumnya

    Intensitas Erupsi Merapi Meningkat, Kombes...

    Artikel Berikutnya

    Cek Kesiapan Personel di Operasi Ketupat...

    Berita terkait

    PIMPINAN

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Polri Bongkar Sindikat Judi Online yang Dikendalikan Warga Negara Asing, Perputaran Uang Capai Rp 685 M
    Forum Pemred SMSI Gelar Rapat Perdana, Bahas Program Strategis untuk Kemajuan Media Siber
    Supervisi Divpropam Polri ke Polda Jateng; Langkah Tegas Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2024

    Ikuti Kami